TEROBOSAN SHELL ADVANCE DALAM MENDUKUNG KEAMANAN & KENYAMANAN BERKENDARA

23 06 2008

 

Salah satu dampak semakin mahalnya harga BBM dan kemacetan yang sering terjadi dikota-kota besar diIndonesia adalah semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang mengalihkan sarana transportasinya dari mobil pribadi ke sepeda motor. 

 

Data yang didapat dari Astra International menyebutkan sebanyak 28 juta unit sepeda motor produksi Astra laku terjual dipasaran selama kurun waktu 2007. ( sumber astra.co.id ).

 

Sayangnya, jumlah penjualan sepeda motor tinggi tersebut sering kali tidak diimbangi oleh kesadaran pihak2 yang berkompeten. Masih banyak kecelakaan lalu lintas yang secara langsung maupun tidak melibatkan sepeda motor sebagai penyebab atau sebagai korban.

 

Berdasarkan riset yang dilakukan Asia Development Bank tahun 2003 untuk Indonesia ditemukan  sebanyak 24.5 juta kecelakaan terjadi jalan. Dari jumlah tersebut 9 ribu orang mengalami luka ringan, 6 ribu orang mengalami luka berat dan 8.7 ribu orang meninggal dunia. Sedangkan penyumbang terbesar kecelakaan tersebut berhubungan dengan sepeda motor, sebesar 73%.

 

Suatu angka yang sangat fantastis mengingat hal tersebut merupakan cermin betapa masih  minimnya jaminan keamanan dan keselamatan dalam berkendara dinegeri ini.

  

Meskipun demikian, bukan berarti kesadaran akan keamanan dan keselamatan dijalan sama sekali hilang, saat ini sudah mulai bermunculan kembali inisiatif-inisiatif guna menggiatkan kampanye Safety Riding & Driving dari berbagai organisasi yang peduli. Salah satunya adalah PT. Shell Indonesia.

 

Perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pelumas dan SPBU ini memiliki kepedulian yang cukup tinggi terhadap masalah keselamatan dan keamanan berkendara. Beberapa program telah dilaksanakan guna mendukung hal tersebut, diantaranya pelaksanaan program ” Kampanye Aman Di Jalan ” yang dilakukan menjelang libur Lebaran bulan Oktober 2006. Dimana saat itu PT. Shell Indonesia menggelar kuis-kuis seputar keselamatan berkendara diseluruh SPBU-SPBU Shell dan melakukan talk show radio interaktif mengenai keselamatan berkendara.

 

Tidak hanya itu, tanggal 28 April 2007 kembali PT Shell Indonesia berpartisipasi menjadi sponsor dalam program ” Kontribusi Sektor Swasta untuk Keselamatan di Jalan ”. Dimana bersamaan dengan acara tersebut diselenggarakan konvoi berbagai klub otomotif dari kantor PT. Shell Indonesia hingga Rancamaya-Bogor guna menghadiri acara dan presentasi Keselamatan djalan yang dilaksanakan oleh Indonesia Defensive Driving Center ( IDDC ).

 

Khusus untuk program keamanan dan keselamatan bagi pengendara roda dua, sepanjang bulan Maret 2008 PT. Shell Indonesia melakukan parade sepeda motor diseluruh wilayah Jakarta guna membagi-bagikan brosur yang berisi tips-tips aman bersepeda motor.    

 

***

 Lebih lanjut berbicara mengenai masalah keamanan dan keselamatan berkendara sepeda motor, sebenarnya tidak bisa hanya didasarkan pada hal yang terlihat oleh fisik semata, seperti pemilihan & pemakaian helm yang baik dan berkualitas, patuh pada peraturan lalu lintas, gaya mengemudi yang tidak ugal-ugalan dan sebagainya. Tetapi harus diingat hal penting lain yang memegang peranan, yakni kondisi kendaraan itu sendiri terutama kondisi mesin.

 

Sering kali sebagian besar pengendara roda dua mengabaikan hal tersebut. Padahal kondisi mesin yang prima akan memberikan respon maksimal sesuai dengan kebutuhan.

  

Umumnya pengendara selalu beranggapan bahwa tidak ada hubungan antara kondisi mesin dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

 

Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Belum ada peristiwa yang menunjukan secara langsung akan hal ini. Tetapi jika mau sedikit dipikirkan, kondisi mesin yang tidak maksimal akan menyebabkan pengendara mengalami kesulitan dalam handling kendaraan dimana pada akhirnya akan  timbul rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman inilah yang akan menurunkan konsentrasi pengendara dan sering kali berakibat sangat fatal. 

 

Memastikan kondisi kendaraan agar tetap fit sebenarnya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Selain dengan melakukan pemeriksaan secara berkala serta penggantian spare part yang sesuai waktu dan standardnya, pemilihan pelumas dengan kualitas dan teknologi tinggi juga memiliki peran tidak kalah penting dalam menjaga mesin kendaraan.

 

Cara mengetahui pelumas yang memiliki teknologi dan kualitas tinggi bukanlah hal yang sulit. Hal pertama yang perlu diketahui adalah pelumas tersebut harus didukung oleh teknologi yang dinamakan dengan DPA ( Dinamic Performance Addition ), yakni teknologi yang dapat membantu pengaturan oksidasi mesin yang menyebabkan pelumas tetap dalam kondisi “ young and fit “ sehingga para pengendara  akan merasakan respon yang maksimal dari kendaraannya.

 

Selain itu pelumas yang baik harus memiliki detergen khusus yang dapat mendukung kebersihan komponen2 mesin dengan jalan meluruhkan partikel karbon hitam secara aman dan mencegah penguraian hingga pelumas dapat terus bekerja hingga saat penggantian pelumas yang berikutnya.

 

Shell Advance memiliki semua unsur tersebut. Dengan dua kategori mesin ( 4-tak dan 2-tak ) Shell Advance mempunyai beberapa varian yang berbeda, yakni : VSX4, SX4 dan S4 untuk mesin 4-tak. Serta VSX2, SX2, S2, dan Shell Advance Racing X untuk kategori mesin 2-tak.

 

Dengan keunggulan-keunggulan itulah Shell Advance dijamin akan menjadi pendukung sempurna bagi kenyamanan dalam mengendarai motor anda.


Actions

Information

5 responses

23 06 2008
edy

ikutan lomba nih? mantap deh…


Nah loe sebagai kompor gimana. Ikutan juga gak ..

23 06 2008
albert1547

Halo bro, salam kenal …

Bro, sy mau tanya, emangnya Shell Advance merupakan salah satu faktor pendukung pengendara saat berkendara dng aman (Safety riding& Driving)?

Saya rasa sih, Pelumas apapun tidak ada masalah (sesuai dng kocek)…asemua sih tergantung daripada pengendara itu sendiri, dan juga kalo emang pelumas Shell Advance itu emang bagus, dilihat lagi kondisi motornya (Gir yg habis, Segitiga komstir yang tdk center krn hbs jatuh, dll…), tetapi saya sangat respect akan artikel yg bro buat, semata-mata membagi ilmu karena Bro peduli akan safety riding &driving…

Salam kenal juga Bro Albert

Terima kasih banget atas tanggapannya, seperti yg sudah saya tulis di artikel tersebut bahwa memang secara langsung tidak ada hubungannya antara minyak pelumas dengan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tetapi jika kita melihat secara lebih detil, kondisi pelumas kendaraan yang kurang baik/ tidak diperhatikan dapat membuat mesin bekerja tidak maksimal dan mengganggu kenyamanan berkendara. Dimana ujung2nya konsentrasi akan terpecah antara kondisi jalan dan kondisi kendaraan. Hal inilah yang ingin saya garis bawahi agar jangan sampai terjadi.

Benar pula pendapat bro bahwa masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap kinerja mesin kendaraan selain pemilihan jenis pelumas, tetapi dalam artikel ini saya hanya membatasi penulisan terhadap satu masalah saja yakni ” jenis pelumas yang digunakan “, karena jika saya masukkan semua unsurnya bisa2 dua hari dua malam artikel ini baru kelar dibaca:mrgreen:

24 06 2008
Adam Sundana WeBlog

nice artikel lah ndra… pokonya kalo ada hasil dari post ini, kita makan-makan yah…
berhasil menggugah masyarkat untuk lebih perduli aman berkendara, berhasil membuat anda terkenal, dan berhasil lah pokoknya🙂

Situ sapa ya…
Maap saya gak kenal😛

27 04 2009
jup'Z

salam kenal ya….nama gue indra…
ada yang mo saya tanyakan nie….
1. olie Shell Advance buat JUPITER Z dan PULSAR 200 kira2 cocoknya yang mana ya….(sama2 4tak)….

thx….

20 09 2009
philiph

sorry brada…
motor gwe honda supra X 125 R..cocoknya shell yg type apa ya>>
thanks a lot brada…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: