Saya takut mudik menggunakan motor

11 10 2008

Jumpa lagi setelah beberapa bulan terakhir saya bertapa. Akhirnya mulai turun gunung lagi deh hehehe .. meskipun sedikit terlambat saya mo ngucapin ” Minal Aidzin Wal fa Idzin, Mohon Maaf Lahir Batin ” buat rekan2 semua.

Banyak kejadian menarik yang terjadi dihari2 terakhir menjelang hari raya kemarin. Mulai dari ikut nongkrong di Posko Mudiknya Thunder 125 Community di kalimalang ( Chapter Jakarta ) dan kalimas Bekasi ( Chapter Bekasi ) hanya untuk melihat pemandangan arus mudik kendaraan roda dua yang menuju arah Jawa Tengah dan Jawa Barat hingga ikut menjadi korban kemacetan.

Bicara soal arus mudik rasanya gak seru kalau tidak membicarakan jumlah kecelakaan yang terjadi. Berdasarkan berita okezone disebutkan bahwa berdasarkan klaim Mabes Polri untuk Operasi Ketupat 2008  tercatat sebanyak 1.246 kali kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua, mobil pribadi 255 kali, dan bus sebanyak 82 kali. “Rata-rata kecelekaan di jalur Pantura dan jalur selatan alternatif,” imbuhnya.
Selain itu, Ditlantas Mabes Polri juga mencatat sebanyak 18.092 pelanggaran yang dilakukan kendaraan roda dua dan telah dilakukan penilangan. Penyebab pelanggaran, menurut Yudi lebih banyak berupa pelanggaran umum seperti tidak mengenakan helm serta penumpang berlebihan & pelanggaran mobil pribadi sebanyak 6.000 kasus.
Katanya sih mMenurun dibanding jumlah kecelakaan saat operasi ketupat tahun 2007.

Yah, terlepas dari itu tetap saja masih banyak terjadi kecelakaan dan korban.  Sedikit keprihatinan dari saya saat saya berada di Posko Mudiknya TCI diKalimalang memang terlihat masih banyak pemudik roda dua yang bertindak arogan. Selap-selip sembarangan, memotong jalur, hingga malas menekan pedal rem demi mengurangi sedikit kecepatan saat terjadi kepadatan. Entah apa yang dikejar, padahal banyak diantara mereka yang membawa keluarga dan barang. 

Hal-hal seperti itulah yang membuat saya secara pribadi hingga saat ini tidak berani membawa motor untuk pulang ke Tasik saat musim mudik lebaran karena tidak ada jaminan bisa tiba dengan selamat meskipun saya sudah mengikuti himbauan yang berlaku jika masih ada orang2 yang bertindak semaunya. Saya tidak bisa mengatakan yang penting saya Safety riding agar bisa tiba dengan selamat dan bermasa  bodoh dengan lingkungan sekitar. Karena kecelakaan sering kali bisa terjadi tidak hanya dari faktor internal.

 

salam,


Actions

Information

2 responses

15 10 2008
akokow

hayo, sudah ikut Blog Action Day 2008 belum?

Oke saya berangkat boss ..

15 10 2008
didan

lam kenal.
jangan jadi trauma gara-gara berita di TV atau surat kabar. asal kita berhati-hati saja. alhamdulillah, mudik kemarin saya selamat sampai rumah dan kembali ke Jakarta dengan sehat wal afiat.

Lam kenal juga om,
Ya InsyaAllah taun depan ane bawa motor dah😛

Leave a Reply

