Matahari bersinar selama 36 jam adalah ” Kebohongan “

18 10 2008

Akhir2 ini banyak sekali informasi yang masuk kedalam email saya yang kurang lebih isinya sama yakni, ” Di Indonesia matahari akan bersinar selama 36 Jam pada tanggal 17 Oktober 2008 “.

Percaya .., tentu saja tidak. Bayangkan matahari bersinar selama 12 jam saja panasnya sudah minta ampun apalagi 36 jam ?!.:mrgreen:

Spam..spam..dan spam.. hanya itu yang bisa dikatakan. Sebuah pembodohan massal, sebuah pelemparan issue yang entah apa maksudnya.

Berikut berita yang saya kutip dari kompas.com mengenai penyanggahan kabar tersebut :

”Sistem rotasi Bumi sering disebut memiliki gerak gasing dengan kemiringan sumbu sebesar 23,5 derajat, tetapi tetap tidak memungkinkan wilayah ekuator mendapatkan sinar matahari sampai 36 jam dalam 2.400 tahun sekali seperti dinyatakan dalam kabar bohong itu,” kata Thomas Djamaludin.

Mezak menuturkan, penyinaran matahari di wilayah ekuator, termasuk Indonesia, yang memiliki batas koordinat 11 derajat Lintang Selatan (LS) sampai 6 derajat Lintang Utara (LU) rata- rata melihat sinar matahari hanya selama 12 jam plus atau minus 45 menit. Kemungkinan matahari dapat terlihat selama 36 jam sangat tidak mungkin. 

Jadi, tenang sajalah. Saat ini matahari masih bersinar seperti biasa kok. Terbit di timur dan tenggelam di barat.

Mungkin apabila nanti “saatnya” sudah tiba barulah kita sama2 pusing. Tetapi kan tidak ada yang akan tahu kapan pastinya saat itu tiba kecuali ” Dia “. Betuuuulll …..

salam,


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: