DUKUN CILIK ITU MULAI TERKENAL

20 02 2009

Entah bagaimana pola pikir orang-orang dinegeri ini. Disaat ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju praktek perdukunan masih saja dianggap suatu hal alternatif paling mujarab dalam mengobati penyakit. Tulisan ini sengaja saya buat untuk mengkritik manusia-manusia aneh yang masih juga mempercayai masalah perdukunan dan mengkultuskan mereka seolah-olah mereka adalah manusia pilihan yang sengaja diciptakan sebagai dewa penolong .

**

Sudah dengar berita tentang ” Ponari Si Dukun Cilik Dari Jombang ?”. Berita santer yang menjadi bulan-bulanan media, tentang kisah seorang anak kelas III SD dari Jombang dengan mukzizat menyembuhkan penyakit.

Buat saya, hal ini bukanlah hal yang aneh, justru masyarakatlah yang membuat hal ini menjadi heboh. Dengan berbagai cara warga berbondong-bondong mendatangi kediaman sang dukun cilik tanpa perduli guna melampiaskan ego memperoleh kesembuhan dari penyakit yang diderita. Sampai-sampai mereka terkesan tidak perduli saat Ponari terpaksa absen selama satu bulan dari sekolah akibat kesibukannya mengobati pasien. ( Detik.com Rabu 18/02/2009 ).

Sejak dibuka, setiap hari kecuali Kamis dan Jumat, Ponari akan melayani sebanyak 5 ribu pasien. Dalam sehari, praktek pengobatan yang dilakukan Ponari dibuka 2 kali. Yakni sekitar pukul 07.00 WIB-10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB-17.00 WIB ( detik.com )

5 ribu pasien dalam sehari ??!!. Sungguh kesibukan yang luar biasa.

Ponari si dukun sakti saat ini mungkin masih belum mengerti tentang itu. Ia mungkin akan marah saat merasa teralu lelah atau malah bermain diwaktu senggang. Ponari belum mengerti bahwa semua eforia ini bisa saja membuatnya lebih arif atau bahkan berbalik dan menjerumuskannya kedalam lubang tanpa masa depan.

Sudah cukup waktunya. Alangkah  baiknya jika kita semua mengakhiri kehebohan sampai disini. Kembalikan Ponari  seperti anak-anak pada umumnya, yang dapat bermain dan bersekolah secara normal. Jangan kultuskan dia sebagai dukun sakti penyembuh segala penyakit, tetapi bimbinglah ia untuk menuju jalan yang lebih baik.

salam,


Actions

Information

One response

21 02 2009
adams

kasihan Ponari…
biarkan dia bermain kembali menikmati masa kecil bersama teman-temannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: